Saturday, January 25, 2014

Distro Bagi Pemula

Jika sebelumnya kami membahas tidak ada distro yang di khususkan untuk pemula, namun bukan berarti semua distro mudah digunakan bagi orang-orang yang baru pertama memakai atau beralih menggunakan linux. Terdapat beberapa distro yang memiliki tingkat kesulitan masing-masing. Kami akan berusaha menyampaikan mengenai distro apa yang sebaiknya untuk pertama kali anda coba sebagai perkenalan terhadap linux.

Ubuntu
ubuntu













Benar distro linux yang di bawah naungan Canonical Ltd ini adalah distro linux yang kami rekomendasikan kepada anda para pemula atau yang pertama kali dalam berinteraksi dengan linux. Ubuntu merupakan distro linux turunan dari debian, sehingga pemaketan aplikasi menggunakan ".deb" dan dapat di akomodasi menggunakan perintah "apt-get".



Mengapa kami merekomendasikan distro linux yang satu ini? Padahal masih banyak distro lain yang bahkan memiliki kemiripan dengan sistem operasi windows yang dimana pasti lebih mudah dalam beradaptasi dengan operating system linux, karena pengguna tidak perlu di buat kebingungan mengenai perubahan-perubahan (khususnya bagi yang telah lama menggunakan sistem operasi windows).

Tapi kami tidak berpikir seperti itu, berbeda dengan windows yang semua hardware pada komputer pasti didukung, tidak lain karena produsen hardware pasti ingin barangnya laku terjual dan yang menjamin hal tersebut adalah windows (kami akan mengulas mengenai monopoli microsoft dalam hal IT di tulisan kami selanjutnya). Linux bergantung kepada para programmer sukarela yang membuat hardware-hardware terbaru tersebut dapat di support oleh linux.

Maka sudah dapat dipastikan akan banyak eror yang menyertai perjalanan anda dalam menggunakan sistem operasi linux. Distro linux ubuntu merupakan distro dengan pengguna terbanya, maka sudah dapat dipastikan akan tersebar banyak sekali tulisan-tulisan baik dalam blog pribadi, forum maupun ebook yang mengulas tentang berbagai masalah-masalah yang terdapat pada ubuntu.

Maka ketika anda mendapat masalah anda tidak sendiri, coba luangkan waktu anda sejenak untuk mencari solusi anda melalui internet. Atau cobalah bertanya kepada teman-teman anda. Kami yakin dengan populernya ubuntu maka pasti ada teman anda yang pernah atau bahkan hingga sekarang menggunakan ubuntu sebagai sistem operasi mereka.

Begitulah alasan kami menyarankan distro linux ubuntu kepada anda yang baru memulai untuk mengenal linux dan dunia open source. Dengan banyaknya yang mengulas berbagai masalah atau masalah sederhana mengenai ubuntu diharapkan setiap anda menemui masalah maka anda akan juga dengan mudah menemukan solusinya

2 comments:

  1. di tunggu lho postingan tentang monopoli jendela (baca:w-n--w)
    hehehe

    ReplyDelete