Monday, January 20, 2014

Sejarah Lahirnya Linux

Sejarah lahirnya linux
Sejarah lahirnya linux tidak terlepas dari tangan dingin seorang Linus Torvald. Siapa dia? Dia dahulunya seorang mahasiswa di Universitas Helsinki. Lalu bagaimana bisa seorang mahasiswa menciptakan sesuatu yang akan menjadi sebuah trend hingga sekarang?

Semua bermula dari Andrew S. Tanenbaum, dia adalah pencipta sistem operasi MINIX yang bertipe UNIX. Sebenarnya Andrew S. Tanenbaum mencantumkan source code dari MINIX dalam bukunya namun hal itu tidak berarti code tersebut boleh dirubah oleh orang lain, dan juga code yang ia cantumkan memiliki lisensi yang berarti harus mengeluarkan uang untuk menggunakan code tersebut.


Terlebih MINIX memiliki banyak batasan, terutama tidak adanya pengembangan untuk komputer dengan architecture 32 bit. MINIX hanya fokus pada architecture 16 bit, padahal komputer 32 bit sudah mulai banyak dipasarkan dan dapat diperoleh oleh semua orang. Hal ini yang menyebabkan Linus Torvald berpikir untuk menciptakan sistem operasi yang mirip dengan MINIX namun dengan cita rasanya sendiri dan dari sinilah sejara lahirnya linux dimulai.

Berikut adalah email yang ia kirimkan ke komp.os.minix usenet newsgroup pada 25 Agustus 1991
Hello everybody out there using minix - I'm doing a (free) operating system (just a hobby, won't be big and professional like gnu) for 386(486) AT clones.
This has been brewing since april, and is starting to get ready. I'd like any feedback on things people like/dislike in minix, as my OS resembles it somewhat (same physical layout of the file-system (due to practical reasons) among other things).
I've currently ported bash(1.08) and gcc(1.40), and things seem to work. This implies that ''ll get something practical within a few months, and I'd like to know what features most people would want.
Any suggestions are welcome, but I won't promise I'll implement them :-)
Linus (torvalds@kruuna.helsinki.fi) PS. Yes' it's free of any minix code, and it has a multi-threaded fs.
It is NOT portable (uses 386 task switching etc), and it probably never will support anything other than AT-harddisks, as that's all I have :-(.
Linus Torvalds

Sejak saat itu programmer-programmer di seluruh dunia tertarik akan kernel yang dibuat oleh Linus dan mencoba untuk mengembangkannya. Hasil dari itu semua adalah seperti apa yang bisa kita lihat adanya ubuntu, debian, fedora, slackware dll. Linux sendiri merupakan salah satu alasan open source berkembang pesat.

No comments:

Post a Comment