Tuesday, January 28, 2014

Merubah Default Boot pada Fedora 20


Saya ingin berbagi sebuah tips, dimana saya adalah pengguna dari fedora 20. Secara default saat kita memilih fedora pada saat booting maka kita akan otomatis akan di suguhi booting menuju GUI mode. Karena saya menggunakan DE GNOME maka setelah booting maka saya akan secara langsung menuju ke window bawaan dari GNOME. Memang dengan adanya DE saat ini memberikan kita kemudahan dalam mengakses komputer kita.

Namun ada beberapa orang yang pekerjaan mereka dapat mereka selesaikan hanya dengan menggunakan CLI alias text based. Nah kali ini saya ingin berbagi cara untuk mengatur agar supaya saat booting dan kita memilih fedora maka kita tidak akan langsung masuk ke mode GUI melainkan ke mode CLI.


Caranya cukup sederhana, yang pertama kita harus membuka lewat terminal. Dimana seperti yang saya katakan, kebanyakan kita dapat menyelesaikan permasalahan melalui CLI, dan memang CLI lebih powerfull. Namun linux itu free alias freedom, dan inilah keunggulan linux. Kita bebas menentukan apakah menggunakan DE atau tidak.

Kembali ke topik, setelah terminal terbuka masuk sebagai super user alias root, dengan mengetikkan perintah

su

kemudian setelah itu kita baca file inittab, meski fedora sekarang menggunakan systemd namun untuk mengkonfigurasi booting ini kita masih menggunakan dari inittab. Maka kita lihat dengan cara ketikkan perintah berikut

cat /etc/inittab
set boot fedora 20

maka akan seperti pada gambar. Isi dari inittab sendiri sudah sangat sederhana, untuk lebih jelasnya perhatikan isi inittab yang seperti berikut :
# multi-user.target: analogous to runlevel 3
# graphical.target: analogous to runlevel 5

makasudah jelas runlevel 3 alias mode CLI sedang runlevel 5 sebagai mode GUI, selanjutnya ikuti saja perintah

ln -sf /lib/systemd/system/<target-name>.target /etc/systemd/system/default.target

yang ada pada bagian bawah, dengan catatan ganti <nama-target> menjadi multi-user agar saat booting kita akan masuk ke mode CLI. Kemudian restart fedora anda dan selamat menikmati mode CLI

No comments:

Post a Comment