Friday, January 24, 2014

Definisi "Memilih Distro Linux Bagi Pemula"

distro linux
Bagi anda yang berniat beralih menggunakan sistem operasi linux karena tulisan kami. Mungkin anda sekarang tengah bingung. Dengan banyaknya distro linux, distro linux manakah yang cocok bagi pemula? Di sini kami tidak ingin memilihkan sebuah distro linux bagi anda yang merasa bahwa anda pemula dalam dunia open source.

Kami hanya ingin meluruskan mengenai maksud pemula disini. Jika anda merasa bahwa selama ini menggunakan sistem operasi propietary semisal windows dan ingin beralih menggunakan linux, dan anda termakan bahwa menggunakan linux itu sulit. Namun dengan tekad yang sekuat baja anda tetap ingin beralih menggunakan linux semisal demi menghentikan pembajakan, kami ucapkan selamat dan kami salut serta bangga terhadap anda.

Selanjutnya anda mengetahui bahwa distro linux tidak hanya ada 2 atau 3 melainkan ada ratusan, anda bingung dalam memilih. Anda mencoba mencari distro linux bagi pemula, lalu apakah yang anda dapatkan? mungkin distro A lebih cocok bagi pemula, distro X sangat sulit dan tidak cocok bagi pemula. atau mungkin distro Z hanya untuk para developer atau istilah bagi programmer.

Kami ingin membuka pikiran anda mengenai konsep pemula. Apapun dan siapapun adalah seorang pemula, bukan berarti seseorang yang telah lama bermain di dunia linux bisa disebut seorang ahli. Karena dunia IT adalah dunia yang dinamis, dimana setiap harinya akan selalu mengalami pembaharuan. Akan muncul inovasi-inovasi baru yang mengharuskan untuk selalu belajar setiap saat.

Dunia IT adalah dunia yang menuntut kita untuk terus belajar. Mempelajari hal yang baru maupun mempelajari perkembangan yang berhubungan dengan bidang kita. Hal ini relevan seperti pemilihan distro linux tersebut. Andaikata kami yang telah lama berinteraksi dengan distro A bukan berarti kami adalah orang yang mahir, karen dahulu kami juga adalah seorang pemula yang berkeinginian mencoba distro linux A. Kami hanya selangkah lebih maju saja dari kalian. Kami hanya lebih awal tahu dan lebih awal dalam menghadapi permasalahan-permasalahan mengenai distro A.

Lalu jika kami sudah lama belum tentu juga kami dikatakan mahir menggunakan distro A, karena distro linux selalu melakukan upgrade terhadap sistemnya, sehingga banyak pembaharuan yang menuntut kami untuk selalu mempelajari pembaharuan tersebut. Hal ini mutlak jika berinteraksi dengan dunia IT, bukan hanya linux pernahkah anda ingat bahwa microsoft windows pun melakukannya?

Benar, mulai dari penghilangan tombol start yang banyak menuai protes sehingga fitur tersebut dimunculkan kembali. Itu adalah pembaharuan dan setiap pembaharuan menjadikan kita sebagai pemula. Lalu bagaimana mengena distro X tidak cocok bagi pemula? Itu hanya sebuah isue saja. Realitasnya meski kami sudah lama menggunakan distro A, saat harus menggunakan distro X kami sama seperti anda yang pemula.

Kami hanya berpengalaman pada distro A bukan pada distro X. Kami harus belajar lagi mengenai cara penggunaan, kebiasaan dll pada distro X jika ingin mencobanya. Lalu apa inti dari tulisan kami ini? Belajar, tidak ada yang namanya pemula. Semua orang pasti menjadi pemula saat ia menghadapi sesuatu yang baru. Solusi terbaik dari masalah tersebut adalah belajar dan terus belajar.

Kami memberikan rekomendasi bagi anda yang baru akan memulai untuk berkenalan dengan linux maka kami membuat artikel mengenai distro linux apa yang sebaiknya anda pilih dan anda gunakan untuk memulai berkenalan dengan linux dan open source, silahkan baca disini

No comments:

Post a Comment