Monday, January 20, 2014

Open Source

open source
Open source yang berarti sumber kode terbuka seperti negara Indonesia yang memproklamirkan kemerdekan pada tahun 1945. Benar, kebebasan dan kemerdekaan itu adalah inti dari open source. Pada awal mula perkembangan komputer, para programmer masih dapat melihat source code dari orang lain.

Namun semenjak munculnya idealisme kapitalis yang berorientasi terhadap harta, maka untuk mendapatkan keuntungan source code para programmer mulai diproteksi dengan diberi lisensi yang artinya kita tidak dapat melihat source code suatu program, kita hanya dapat membayar dengan sejumlah uang tanpa mengetahaui atau dapat memepelajari program yang kita beli.


Software proprietary merupakan suatu momok bagi masyarakat Indonesia, bagaimana tidak Indonesia adalah negara berkembang fokus utama adalah mensejahaterakan rakyat. Maka bagaimana bisa rakyat Indonesia membeli software proprietary yang pasti harganya jauh dari jangkauan rakyat Indonesia.

Namun tidak jarang banyak orang yang menggunakan segala cara agar dapat menggunakan software proprietary tersebut, dan kita tahu hal itu termasuk pembajakan. Jangankan warnet-warnet kecil yang memang kesulitan dalam hal biaya, kantor-kantor besarpun banyak yang melakukan pembajakan terhadap software proprietary tersebut.

Tidak malukah kita jika dicap sebagai pencuri karena aksi pembajakan tersebut? Tapi bagaimana Indonesia bisa maju jika dalam hal IT tidak berkembang? Semua itu ada solusinya. Sepertinya Tuhan sudah menciptakan segala masalah di bumi beserta solusinya.

Orang-orang yang berjasa tersebut adalah Richard Stallman yang mencetus GNU General License Publik, serta Linus Torvald sang pencipta kernel linux. Masih banyak lagi sesungguhnya orang-orang yang berjasa dalam menentang software proprietary ini namun dari dua orang tersebut sejarah dimulai.

Dimana source code dapat dilihat, dipelajari bahkan dibuat ulang oleh programmer lain yang tentunya semua terdapat kejelasan peraturan mengenai hal tersebut yang di atur dalam GNL. Maka ini adalah jawaban bagi masyarakat Indonesia, dengan open source maka Indonesia akan terbebas dari pembajakan.

Maka dari itu selayaknya kita beralih dari software proprietary menuju open source, meski bagi orang awam sangat sulit asalakan ada kemauan untuk belajar maka tidak ada hal yang tidak mungkin dan disinilah kami akan berbagi tutorial belajar linux.

No comments:

Post a Comment